Jumat, 19 Februari 2021

Memanfaatkan Blog Sebagai Media Pembelajaran

 


Kata blog berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1998 oleh Jhon Barger. Berger memberi nama weblog untuk mengkhususkan istilah website yang bersifat pribadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu. blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum.

Blog merupakan salah satu tempat media penyimpanan gratis dan dapat dipublisikan secara online. Sekarang blog  tidak asing lagi, banyak orang yang sudah mempunyai blog pribadi, termasuk para guru. Sudah banyak guru yang mempunyai blog mungkin malah sudah mempunyai blog hosting berbayar, yang tentu saja kualitasnya lebih baik. Saya sendiri masih menggunakan blog gratisan dari Blogger, sejauh ini masih lancar di pakai untuk pembelajaran. Bisa juga dipakai untuk menulis artikel-artikel lain untuk saya mengembangkan belajar menulis.

Mempunyai blog juga membantu saya saat bekerja, saat mengajar sekarang ini dilakukan secara jarak jauh selama  adanya pandemi covid 19. Saya menggunakan blog sebagai media untuk pembelajaran jarak jauh. Blog masih cukup efektif untuk media pembelajaran, dan cukup membantu memotivasi belajar siswa.  Kita dapat menggunakan blog untuk menyampaikan pembelajaran. Sehingga semua materi, artikel, dokumentasi, tutorial, video seorang guru dapat diakses oleh semua siswa tanpa terhalang jarak dan waktu. .

Weblog atau blog dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran yang bersifat open source mudah untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Melalui blog, siswa dapat mengakses informasi belajar dan meningkatkan keterampilan teknologinya, berbagi dan menggunakan ulang konten-konten pembelajaran. Saya bisa memanfaatkan blog untuk pembelajaran jarak jauh secara daring. Siswa bisa membaca materinya dulu, mengamati gambar, menonton video pembelajaran yang saya tautkan ke blog. Kemudian siswa mengerjakan latihan dengan soal yang saya buat di google formkemudian ditautkan ke blog. Bisa juga, setelah mempelajari materi di blog, siswa diminta mengunggah karya mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Blog

Kelebihan dari blog yaitu bisa gratis, yang paling sering dipilih adalah Wordpress atau Blogger.Blog mudah bagi guru untuk mengisi konten, mudah menyisipi gambar atau video pendek. Mudah ditautkan dengan Channel YouTube kita atau google form yang kita buat. Siswa juga mudah mengakses, rata –rata template di blogger sudah mobile friendly,mudah  dan ringan diakses lewat HP.Siswa dengan mudah dapat mengakses ulang sewaktu-waktu ingin mempelajari ulang.

Namun disamping kelebihan dari blog tersebut, menggunakan blog dalam pembelajaran juga mempunyai kekurangan. Salah satunya adalah komunikasi dua arahnya agak terbatas dan kurang luwes. Kolom komentar di blog memang membantu, tetapi kalau muridnya banyak dari berbagai kelas, komunikasi dua arah lewat kolom komentar di blog kurang membantu. Untuk menyiasatinya, kita bisa mengkombinasikan dengan media  lain, seperti WA group, IG, atau aplikasi Zoom. Bisa disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan siswa.

Desain Pembelajaran dengan Media Blog

Alur pembelajaran melalui media blog, pada dasarnya bisa mengikuti pola pembelajaran Blended Learning. Pembelajaran campuran adalah program pendidikan formal yang memungkinkan siswa belajar melalui konten dan petunjuk yang disampaikan secara daring dengan kendali mandiri terhadap waktu, tempat, urutan, maupun kecepatan belajar (wikipedia). Sintak blended learning bisa terdiri dari tiga hal utama yaitu

1. Seeking of Information

Yaitu : Pencarian informasi, Untuk proses mencari informasi, selama pembelajaran jarak jauh ini, siswa melakukannya secara mandiri. Guru memberikan tautan blognya ke siswa untuk dipelajari di rumah. Materi blog disesuaikan dengan KD di kurikulum. untuk memperkaya materi bisa menambahkan gambar, podcast , video pembelajaran dan latihan soal sederhana. Hasil rekapan latihan soal dapat kita akses di akun kita di Google Form dan bisa dijadikan nilai tugas.

2. Aquisition of information

Yaitu menemukan, memahami, serta mengkonfirmasi informasi yang didapat dengan ide atau gagasan yang ada di pemikiran siswa kemudian menginterpretasikannya. Selanjutnya lakukan proses aquisition on information dengan diskusi online. Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan kolom komentar, atau lewat WA group. Cara itu lebih mudah diakses oleh Siswa. Idealnya memang video conference, tetapi Siswa kadang mengeluh sulit mengaksesnya, alasannya karena sulit sinyal atau minim kuota internet. Keaktifan siswa saat diskusi online ini dapat kita jadikan nilai observasi.

3. Synthesizing of knowledge

Yaitu mengkonstruksi ide -ide dan hasil interpretasinya bisa menggunakan fasilitas online/offline). Kegiatan ini juga dilakukan secara online. Siswa diminta mengunggah hasil presentasi mereka untuk diunggah ke berbagai platform, bisa lewat blog, e-mail, atau upload ke media sosial lain. Sesuaikan dengan tagihan dalam KD tersebut.

Itulah sedikit sharing mengenai memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran .Dengan memanfaatkan blog kita akan semakin banyak belajar cara mengembangkan blog kita. Di dunia blogging banyak blogger, yang sudah expert di bidangnya,  kita bisa berbagi ilmu dan pengalaman dalam dunia blogging. Teknologi memang penting dan saat ini untuk para guru adalah saat terbaik untuk belajar dan memanfaatkan serta mengembangkan untuk belajar mengaplikasikannya di kelas daring. Selain menulis artikel di blog para guru juga bisa memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran yang efektif sesuai dengan kebutuhan KD, kemampuan guru dan siswa serta orang tuanya memberikan pembelajaran yang terbaik di kelas daring kita karena mendidik adalah ruh utamanya. Salam para guru hebat. Salam Blogger hebat, Salam Literasi.

 

Artikel ini diikutkan Lomba Blog PGRI  (tanggal 1 s.d 28 Pebruari 2021)

 Nama Penulis :

ETIK NURINTO, S.Pd.SD

NPA PGRI : 12120600251

No. WA : 083134609000

Guru SDN Pabuaran

Kecamatan Bantarbolang

Kabupaten Pemalang


1 komentar:

  1. Blog ini sangat bermanfaat bagi kami pribadi... Semoga menjadi amal jariah buat penukis

    BalasHapus

Materi Bahasa Jawa Kelas VI untuk belajar PAS 1

MATERI BAHASA JAWA KELAS VI UNTUK BELAJAR MENGHADAPI PAS 1 TAHUN AJARAN 2023/ 2024 oleh : ETIK NURINTO, S.Pd.SD. Wacan (Bacaan) no.1- 4 Jara...