Refleksi Diri Terkait Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara
Tulisan
ini merupakan Refleksi diri tentang pemikiran KHD yang saya buat sebagai bagian
dari tugas modul 1.1.a.3 Mulai dari diri dalam pembelajaran Calon Guru
Penggerak Angkatan 5
Pemikiran Ki Hajar
Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran
Menurut Ki Hajar Dewantara
bahwa pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk
segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup
berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya. Pendidikan sebagai usaha menuntun
segenap kekuatan kodrat yang ada pada anak baik sebagai individu maupun sebagai
anggota masyarakat agar dapat mencapai kesempurnaan hidup. Pada dasarnya dalam
proses Pendidikan, anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidikan menciptakan ruang bagi murid untuk
bertumbuh secara utuh agar mampu memuliakan dirinya dan orang lain (merdeka
batin) dan menjadi mandiri (merdeka lahir). Kekuatan diri (kodrat) yang
dimiliki, menuntun murid menjadi cakap mengatur hidupnya dengan tanpa
terperintah oleh orang lain .Jadi hakekat Pendidikan adalah sebagai
penuntun untuk pencapaian potensi siswa menjadi maksimal. Merdeka juga bisa
diartikan dalam posisi tanpa adanya paksaan sehingga peserta didik merasa
senang, nyaman, aman dan bahkan tentram serta damai dalam menempuh pendidikan.
Relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah
Pemikiran KHD dengan konteks
Pendidikan Indonesia saat ini dan konteks Pendidikan di sekolah secara khusus
sangat relevan untuk diterapkan. Sebagaimana telah diungkapkan oleh KHD bahwa
Pendidikan adalah suatu usaha menuntun segenap kekuatan kodrat yang ada pada
anak. Melalui Pendidikan, Peserta didik diberikan kebebasan untuk mengembangkan
ide, berfikir kreatif, mengembangkan bakat/minat siswa (merdeka belajar), tapi
kebebasan itu bukan berarti kebebasan yang mutlak, perlu tuntunan dan arahan
dari guru supaya anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya. Hal yang
dilakukan seorang guru adalah menghormati dan memperlakukan anak dengan
sebaik-baiknya sesuai kodratnya, melayani mereka dengan setulus hati,
memberikan teladan, membangun semangat dan memberikan dorongan bagi tumbuh
kembangnya anak serta menuntun mereka menjadi pribadi yang terampil, berakhlak
mulia dan bijaksana sehingga mereka akan mencapai keselamatan dan kebahagiaan.
Pelaksanaan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru
Saya merasa sekarang ini belum sepenuhnya mampu melaksanakan pemikiran KHD secara menyeluruh. Sebagai contoh dalam beberapa pertemuan proses pembelajaran, saya juga masih seringmelaksanakan pembelajaran yang tidak sepenuhnya berpusat pada siswa, hal ini dilakukan karena tuntutan waktu dan KD yang harus dipenuhi dalam satu semester. Dalam hal tersebut, saya masih menganggap siswa sebagai objek dalam pembelajaran, sehingga saya sebagai guru memperlakukan mereka sesuai keinginan saya, mengikuti gaya belajar yang saya terapkan serta proses pembelajaran yang saya lakukan lebih berfokus pada aspek pengetahuan sesuai dengan tuntutan KD dan target waktu yang disediakan. Orientasinya masih hasil atau nilai prestasi yang tinggi.
Harapan dan Ekspektasi Anda terkait dengan pembelajaran pada modul ini.
Harapan saya sebagai seorang
pendidik setelah mempelajari modul ini dapat memahami dan menerapkan pemikiran
KHD dalam aktivitas pembelajaran yang saya lakukan serta membuka wawasan dan
pemikiran saya untuk mewujudkan merdeka belajar.Harapan yang ingin saya lihat
pada peserta didik yaitu agar dapat belajar secara bebas dan nyaman, tumbuh
berkembang sesuai kodrat, sesuai potensi dan kemampuannya serta dapat
mencerminkan profil belajar Pancasila dalam kehidupan dilingkungan sekolah dan
masyarakat.
Kegiatan , materi dan manfaat
yang saya harapkan dalam modul ini adalah saya dapat mendapat materi yang
berkaitan dengan pemikiran KHD secara terperinci, cara penerapan pemikiran KHD
dalam proses pembelajaran untuk dapat saya aktualisasikan secara nyata di sekolah.
Oleh : Etik Nurinto, S.Pd.SD.
CGP Angkatan 5
Instansi : SDN Pabuaran,
Kec.Bantarbolang Kab. Pemalang
Blog
http://etikguru.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar