Senin, 15 Agustus 2022

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.2 NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
MODUL 1.2 NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Oleh: ETIK NURINTO,S.Pd.SD

Calon Guru Penggerak Angkatan 5 dari SDN Pabuaran Kabupaten Pemalang

(Refleksi menggunakan model 4F/4P; facts, feelings, findings, future /peristiwa, perasaan, pembelajaran, penerapan)

FACTS (PERISTIWA)

Saya sudah mulai bisa menyesuaikan diri dan terbiasa dengan alur pembelajaran dalam PPGP Angkatan 5 baik dalam LMS secara daring maupun luring dalam kegiatan lokakarya. Meskipun sebelumnya butuh penyesuaian. Banyak ilmu dan hal baru yang saya peroleh selama mengikuti kegiatan ini. Di modul 1.1 saya bisa memahami tentang filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang masih sangat relevan diterapkan saat ini. Di modul 1.2 ini saya bisa memahami tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak Nilai guru penggerak diantaranya; berpihak pada murid, reflektif, mandiri, kolaboratif dan inovatif. Peran guru penggerak; menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid, dan menggerakkan komunitas praktisi. Nilai dan peran guru penggerak diimplementasikan untuk mencapai merdeka belajar dan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Tantangan  atau kesulitan yang saya rasakan dalam pembelajaran  modul 1.2 diantaranya adalah beratnya menerapkan  nilai dan peran guru penggerak secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Tetapi dengan dukungan kepala sekolah, rekan-rekan guru, murid dan warga sekolah kesulitan yang saya hadapi bisa teratasi.

 

FEELINGS (PERASAAN)

Dari semua tahap kegiatan Modul 1.2 sudah saya lalui, saya merasa bersyukur dan bahagia telah mendapat ilmu dari Instruktur dan  Fasilitator serta teman-teman CGP lain yang luar biasa.

Kegiatan  tatap muka berupa Lokakarya 1 di SMA  Negeri 2 Pemalang. Kami bertemu dan belajar bersama didampingi Pengajar Praktik yang dengan sabar melatih kami berperan dalam komunitas praktisi. Dengan menerapkan pembelajaran yang menyenangkan Pengajar Praktik telah membuat saya menjadi lebih bisa memahami nilai, peran,dan kompetensi guru penggerak. Penerapan pembelajaran yang menyenangkan oleh Pengajar Praktik membuat CGP terus bersemangat mengikuti kegiatan Lokakarya 1  sampai akhir tanpa merasa lelah dan bosan. Dari kegiatan ini saya merasakan saya seakan menjadi murid yang dengan mudah bisa  memahami materi pembelajaran  jika memerimanya dengan cara yang menyenangkan. Dengan begitu ke depan dalam kegiatan pembelajaran di kelas saya akan lebih banyak menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dan perpihak kepada murid untuk murid-murid saya.

Saya juga merasa bersyukur, bahagia sekaligus bangga, karena  Kepala Sekolah memberi kesempatan saya untuk menyampaikan pengalaman saya kepada rekan-rekan saya pada saat rapat guru dan juga rapat dengan orang tua atau walisiswa.

 

FINDINGS (PEMBELAJARAN)

Pelajaran yang saya dapat dalam proses mempelajari modul 1.2 adalah saya bisa mendapatkan ilmu baru bahwa untuk mencapai merdeka belajar dan Profil Pelajar Pancasila, guru perlu menerapkan nilai dan peran guru penggerak dengan semaksimal mungkin pada pembelajaran di kelas dan di sekolah. Murid adalah subyek pembelajaran yang harus perlakukan dengan baik sesuai kodratnya yaitu kodrat alam dan kodrat jaman agar murid merasakan merdeka belajar. Setiap tahap perkembangannya harus mendapat perhatian dan sebagai bahan pertimbangan dalam proses belajar. Sebagai guru saya menuntun murid agar  tidak salah arah dan dapat mencapai keselamatan dan kebahagiannya setinggi-tingginya.

 

FUTURE (PENERAPAN)

Penerapan pembelajaran saya melaksanakan proses pembelajaran yang mencerminkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Berusaha menerapkan nilai dan peran guru penggerak semaksimal mungkin dalam kehidupans sehari-hari di sekolah maupun dilingkungan masyarakat. Terus semangat melakukan kegiatan pengembangan diri terutama dalam kegiatan Pendidikan Guru Penggerak. Melakukan evaluasi dan refleksi pada akhir setiap kegiatan. Berkolaborasi dengan seluruh ekosistem sekolah. Menggerakkan komunitas praktisi yang saya punyai yaitu Kelompok Kerja guru (KKG), Komunitas Penulis dan Sesama rekan Calon Guru Penggerak di wilayah saya agar bisa bersama-sama menerapkan pembelajaran yang merdeka menyenangkan dan berpihak pada murid.

 

Semoga Refleksi ini bermanfaat.

 

ETIK NURINTO,S.Pd.SD.

CGP Angkatan 5

SD Negeri Pabuaran Kab. Pemalang

Blog pribadi  http://etikguru.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Bahasa Jawa Kelas VI untuk belajar PAS 1

MATERI BAHASA JAWA KELAS VI UNTUK BELAJAR MENGHADAPI PAS 1 TAHUN AJARAN 2023/ 2024 oleh : ETIK NURINTO, S.Pd.SD. Wacan (Bacaan) no.1- 4 Jara...