JURNAL REFLEKSI
DWI MINGGUAN
MODUL 1.2
NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Oleh: ETIK
NURINTO,S.Pd.SD
Calon Guru
Penggerak Angkatan 5 dari SDN Pabuaran Kabupaten Pemalang
(Refleksi menggunakan model 4F/4P; facts, feelings,
findings, future /peristiwa, perasaan, pembelajaran, penerapan)
FACTS (PERISTIWA)
Saya sudah mulai bisa menyesuaikan
diri dan terbiasa dengan alur pembelajaran dalam PPGP Angkatan 5 baik dalam LMS
secara daring maupun luring dalam kegiatan lokakarya. Meskipun sebelumnya butuh
penyesuaian. Banyak ilmu dan hal baru yang saya peroleh selama mengikuti
kegiatan ini. Di modul 1.1 saya bisa memahami tentang filosofi Pendidikan Ki
Hadjar Dewantara yang masih sangat relevan diterapkan saat ini. Di modul 1.2
ini saya bisa memahami tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak Nilai guru
penggerak diantaranya; berpihak pada murid, reflektif, mandiri, kolaboratif dan
inovatif. Peran guru penggerak; menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach
bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid, dan
menggerakkan komunitas praktisi. Nilai dan peran guru penggerak
diimplementasikan untuk mencapai merdeka belajar dan mewujudkan Profil Pelajar
Pancasila.
Tantangan atau kesulitan
yang saya rasakan dalam pembelajaran modul 1.2 diantaranya adalah
beratnya menerapkan nilai dan peran guru penggerak secara maksimal dalam
kegiatan pembelajaran di sekolah. Tetapi dengan dukungan kepala sekolah, rekan-rekan
guru, murid dan warga sekolah kesulitan yang saya hadapi bisa teratasi.
FEELINGS (PERASAAN)
Dari semua tahap kegiatan Modul
1.2 sudah saya lalui, saya merasa bersyukur dan bahagia telah mendapat ilmu
dari Instruktur dan Fasilitator serta
teman-teman CGP lain yang luar biasa.
Kegiatan tatap muka berupa Lokakarya 1 di SMA Negeri 2 Pemalang. Kami bertemu dan belajar
bersama didampingi Pengajar Praktik yang dengan sabar melatih kami berperan
dalam komunitas praktisi. Dengan menerapkan pembelajaran yang menyenangkan
Pengajar Praktik telah membuat saya menjadi lebih bisa memahami nilai, peran,dan
kompetensi guru penggerak. Penerapan pembelajaran yang menyenangkan oleh
Pengajar Praktik membuat CGP terus bersemangat mengikuti kegiatan Lokakarya 1 sampai akhir tanpa merasa lelah dan bosan.
Dari kegiatan ini saya merasakan saya seakan menjadi murid yang dengan mudah
bisa memahami materi pembelajaran jika memerimanya dengan cara yang
menyenangkan. Dengan begitu ke depan dalam kegiatan pembelajaran di kelas saya
akan lebih banyak menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dan perpihak kepada
murid untuk murid-murid saya.
Saya juga merasa bersyukur,
bahagia sekaligus bangga, karena Kepala Sekolah memberi kesempatan saya
untuk menyampaikan pengalaman saya kepada rekan-rekan saya pada saat rapat guru
dan juga rapat dengan orang tua atau walisiswa.
FINDINGS (PEMBELAJARAN)
Pelajaran yang saya dapat dalam proses mempelajari modul
1.2 adalah saya bisa mendapatkan ilmu baru bahwa untuk mencapai merdeka belajar
dan Profil Pelajar Pancasila, guru perlu menerapkan nilai dan peran guru
penggerak dengan semaksimal mungkin pada pembelajaran di kelas dan di sekolah.
Murid adalah subyek pembelajaran yang harus perlakukan dengan baik sesuai
kodratnya yaitu kodrat alam dan kodrat jaman agar murid merasakan merdeka
belajar. Setiap tahap perkembangannya harus mendapat perhatian dan sebagai
bahan pertimbangan dalam proses belajar. Sebagai guru saya menuntun murid agar tidak salah arah dan dapat mencapai
keselamatan dan kebahagiannya setinggi-tingginya.
FUTURE (PENERAPAN)
Penerapan pembelajaran saya
melaksanakan proses pembelajaran yang mencerminkan filosofi pendidikan Ki
Hadjar Dewantara. Berusaha menerapkan nilai dan peran guru penggerak semaksimal
mungkin dalam kehidupans sehari-hari di sekolah maupun dilingkungan masyarakat.
Terus semangat melakukan kegiatan pengembangan diri terutama dalam kegiatan Pendidikan
Guru Penggerak. Melakukan evaluasi dan refleksi pada akhir setiap kegiatan. Berkolaborasi
dengan seluruh ekosistem sekolah. Menggerakkan komunitas praktisi yang saya
punyai yaitu Kelompok Kerja guru (KKG), Komunitas Penulis dan Sesama rekan
Calon Guru Penggerak di wilayah saya agar bisa bersama-sama menerapkan
pembelajaran yang merdeka menyenangkan dan berpihak pada murid.
Semoga Refleksi ini
bermanfaat.
ETIK NURINTO,S.Pd.SD.
CGP Angkatan 5
SD Negeri Pabuaran Kab.
Pemalang
Blog pribadi http://etikguru.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar