KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.3 VISI GURU
PENGGERAK
Oleh : ETIK NURINTO, S.Pd.SD.
CGP Angkatan 5 dari
SDN Pabuaran Kabupaten Pemalang.
Peran pendidik
dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Profil Pelajar
Pancasila pada murid-murid dengan inkuiri apresiatif.
Sebagai pendidik, berperan penting menjadi penuntun murid untuk tumbuh sesuai kodratnya mencapai kebahagiaan setinggi-tinginya sesuai filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara. Guru harus bisa menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid, menggali potensi pada diri murid baik bakat,minat,cara belajar dan lain-lain sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman, serta mewujudkan profil pelajar Pancasila dengan menerapkan nilai-nilai dan peran guru penggerak dalam sikap dan keteladanan di sekolah maupun lingkungan yang menjadi potensi positif untuk mewujudkan visi guru penggerak.
Gambaran masa depan murid yang kita impikan menjadi tujuan jangka panjang untuk melakukan perubahan. Sebagai guru penggerak tentunya harus memulai perubahan, mulai dari diri untuk tergerak bergerak, dan menggerakkan. Gambaran murid yang kita impikan bisa kita gambarkan melalui rumusan visi. Dari visi itu kita bisa membuat prakarsa perubahan yang kita wujudkan dengan pendekatan manajamen perubahan Inkuiri Apresiatif (IA) melalui tahapan alur BAGJA ( Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan rencana, Atur Eksekusi). Langkah-langkah atau alur BAGJA tersebut saya terapkan di sekolah untuk mewujudkan visi.
RUMUSAN VISI
Visi merupakan gambaran masa depan yang menjadi tujuan seorang guru. Sesuai Capaian Modul 1.3, Rumusan Visi Guru Penggerak hendaknya menggerakkan hati dan kolaborasi dalam menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila pada murid-murid.
Berawal dari gambaran dan
harapan itulah, saya mempunyai gambaran murid –murid saya yang Berakhlak mulia,
Gotong-royong, Empati, Ramah, Aktif dan Kreatif. Dari kata-kata itu saya bisa rangkai menjadi
Akronim Sederhana yaitu “BERGERAK”
(Berakhlak, Gotong-royong, Empati, Ramah, Aktif dan Kreatif). Singkat dan
mudah untuk diingat, dengan harapan mudah mensosialisasikan dan mudah
mengaktualisasikan.
Rumusan visi tersebut saya jabarkan menjadi Kalimat Visi saya :
Terwujudnya Insan yang “BERGERAK” (Berakhlak, Gotong-royong, Empati, Ramah, Aktif dan Kreatif).
Berakhlak menjadi pondasi pertama seorang insan yang memiliki
karakter, religius, beriman dan bertaqwa.Gotong-royong
merupakan sikap bekerjasama saling membantu mencapai tujuan. Empati merupakan sikap peduli dan perasaan
peka dengan apa yang menimpa pada jiwa manusia lainnya. Ramah adalah sikap menghargai diri dan sesama tanpa ada sikap
kesombongan. Aktif menjadi potensi diri
giat seseorang dalam mengaktualisasikan kemampuan, bakat, minat yang dimiliki. Kreatif merupakan daya cipta yang
dimiliki seseorang.
Visi saya tersebut sudah
memuat dimensi Profil Pelajar Pancasila, dan sejalan dengan program Guru
penggerak untuk bergerak melakukan
perubahan. Visi tanpa eksekusi adalah halusinasi. Oleh karena itu untuk mewujudkannya
saya berkolaborasi dengan berbagai elemen sekolah baik guru, murid, teman
sejawat, Kepala sekolah, orang tua/ wali siswa bahan pengawas sekolah. Semoga
dapat terwujud.
Etik Nurinto, S.Pd.SD
Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Pemalang
Guru Blogger Pemalang
http://etikguru.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar