Jumat, 10 Juni 2022

Pendampingan Individu (PI -1) Calon Guru Penggerak

Senin, 6 Juni 2022 adalah Jadwal Pendampingan Individu untuk saya sebagai Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 5 Kabupaten Pemalang. Pendampingan Individu (PI) dilakukan Oleh Pengajar Praktik (PP) sesuai Jadwal yang telah ditentukan bersama.

Pak Zamroni adalah Pengajar Praktik Kelas saya, Kelas A5 . Beliau seorang Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Taman, Kab.Pemalang. Dari profil beliau saya merasa beliau memang pantas menjadi Pengajar Praktik yang hebat.

Senin pagi, Pak Zam sudah sampai di Sekolah tempat tugas saya di SD Negeri Pabuaran Kecamatan Bantarbolang Kab.Pemalang. Walaupun sama-sama orang Pemalang namun menurut Pak Zam baru kali ini berkunjung ke daerah dimana tempat saya bertugas yang letaknya lumayan jauh dari wilayah perkotaaan. Melewati jalan yang lumayan berliku, melewati  hutan dan jembatan gantung barulah sampai Desa Pabuaran yang berada di Tengah Hutan. Jauh memang, namun Pak Zam terlihat semangat walaupun butuh perjuangan untuk sampai, menurut Pak Zam sampai nyasar tujuh belas kali, he he…

Pendampingan Individu (PI) merupakan salah satu rangkaian kegiatan Calon Guru Penggerak (CGP) selama menjalani Pendidikan Guru Penggerak untuk berkoordinasi, berdiskusi dan mendampingi CGP dalam  mengimplementasikan apa yang didapatkan dari hasil bersama Fasilitator , kolaborasi dan elaborasi bersama instruktur, dan CGP yang lainnya.

 


Apa saja  yang didiskusikan selama Pendampingan Individu Ke-1 ini ?

Pada PI-1 ini saya bersama Kepala Sekolah dan Pengajar Praktik kami berdiskusi tentang :

1. Posisi diri kompetensi CGP

2. Refleksi filosofi Ki Hajar Dewantara (KHD)  untuk perubahan kelas

3. Laptop berisi kerangka pembuatan portofolio digital

4. Permasalahan belajar daring

5. Mencoba memecahkan masalah secara bersama-sama

Posisi diri kompetensi yang dimiliki CGP dengan merefleksi diri kelebihan kita untuk bisa mengembangkan kompetensi untuk menerapkan merdeka belajar dalam upaya perubahan kelas wujud refleksi dari pemikiran pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dimana Pendidikan adalah usaha untuk menuntun segala kekuatan Kodrat yang ada pada diri anak agar anak dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tinggi sesuai dengan kodratnya yaitu kodrat alam dan kodrat Zaman.

Portofolio Digital-dibuat oleh CGP dengan menggunakan Google Site, merupakan dokumentasi CGP dalam melaksanakan kegiatan Pendidikan Guru Penggerak. Portofolio Digital berisi Profil CGP, Artefak Aksi Nyata, Publikasi dan Diklat atau Pelatihan yang diikuti. Publikasi dalam google site yang simple namun memuat semua aksi CGP agar dapat terlihat dan harapannya dapat dijadikan referensi dan inspirasi bagi komunitas untuk bersama melalukan transformasi Pendidikan.

Alhamdulillah ,Saya sudah membuat Portofolio Digital walaupun belum semua terisi secara lengkap dan belum sempurna terlaksana

Berbagai masalah yang muncul di sekolah tentunya beragam dan perlu berkolaborasi dengan komunitas sekolah  untuk memecahkan masalah itu secara bersama-sama. Salah satunya masalah pembelajaran Daring yang selama Pandemi ini telah dilaksanakan. PJJ secara daring selama pandemi covid 19 memang masalah bersama diantaranya tentang jaringan internet, belum semua anak mempunyai HP/gawai/ perangkat pembelajaran daring, kelemahan dan kelebihan aplikasi pembelajaran dan kesulitan lain yang butuh solusi bersama.

 

Dari apa yang didiskusikan bersama  sekitar 3 Jam, banyak hal yang diperoleh. Masukan dan saran dari Pak Zam selaku pengajar Praktik membuat saya semakin terus bersemangat untuk terus mengembangkan diri. Menurut beliau CGP mulai dari diri sudah tergerak, sudah bergerak dan nantinya akan menggerakkan baik untuk murid, rekan guru maupun komunitas. Dukungan rekan-rekan guru dan utamanya  Kepala Sekolah juga sangat diperlukan

Apa yang diperoleh dari Mulai dari Diri mempelajari Modul 1.1 , Eksplorasi, kemudian diskusi di Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi antarmateri dan Aksi Nyata merupakan Alur Merdeka Belajar yang bisa diterapkan di Sekolah dengan memperhatikan sosio kultural Daerah setempat.

Diakhir sesi diskusi kami saling bertukar cerita mengenai merdeka belajar yang mulai dilaksanakan untuk membentuk profil belajar pancasila di sekolah. Banyak cerita unik dan menarik , tak terasa hingga lebih dari 3 jam berlalu. Saya dan Pak Taswo selaku Kepala Sekolah mengantar Pak Zam pulang. Ucapan terima kasih kami sampaikan semoga diberikan keselamatan dan kesehatan untuk bersama-sama menjadi agen transformasi Pendidikan.

Salam guru Penggerak Indonesia Maju

Tergerak, Bergerak dan  Menggerakkan

 

 

Etik Nurinto, S.Pd.SD.

Guru Blogger Pemalang

Guru Penggerak Angkatan 5 Kab.Pemalang

Blog  http://etikguru.blogspot.com

WA 083134609000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Bahasa Jawa Kelas VI untuk belajar PAS 1

MATERI BAHASA JAWA KELAS VI UNTUK BELAJAR MENGHADAPI PAS 1 TAHUN AJARAN 2023/ 2024 oleh : ETIK NURINTO, S.Pd.SD. Wacan (Bacaan) no.1- 4 Jara...