Selasa, 31 Maret 2020

BUKAN SEMBARANG GUDEG


Bukan Sembarang GUDEG



Apa yang terlintas dalam pikiran kita saat mendengar kata Gudeg? ya,benar  Gudeg Jogja,makanan Khas Kota Gudeg Jogja.Semua pasti tau karena sudah terkenal se Nusantara . Namun ada Gudeg bukan sembarang Gudeg. Gudeg apakah itu?
Kita bisa menikmati Nasi Gudeg tidak hanya di jogja, beberapa Daerah selain Jogja pun banyak yang menjual Nasi Gudeg dengan isi utamanya adalah Nasi,nangka,biasanya  dengan tambahan ayam goreng,telor rebus,tahu,tempe dan sambal,goreng krecek. Tentu rasanya nikmat menggugah selera. Bila beli pun harganya tak terlalu mahal. Ada Nasi Gudeg spesial yang tak kalah nikmat saat dimakan.saat kita tak bisa ke Kota Jogja untuk beli Nasi Gudeg atau ke Warung yang menjual Nasi Gudeg. Gudeg ini namanya Gudeg Basi. Jangan salah arti ya.
Gudeg Basi itu akronim Dari Gudeg Buatan Asli Istri Nah,kalau beli memang nikmat tapi gudeg buatan istri sendiri tentu lebih nikmat.Tak sembarangan kan ,apalagi istri tersayang yang masak.Gudeg Basi bila dirasa menambah keharmonisan keluarga. Siapa mau coba ?

Etik Nurinto,S.Pd.SD
SDN Pabuaran Kab.Pemalang

Prov.Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Bahasa Jawa Kelas VI untuk belajar PAS 1

MATERI BAHASA JAWA KELAS VI UNTUK BELAJAR MENGHADAPI PAS 1 TAHUN AJARAN 2023/ 2024 oleh : ETIK NURINTO, S.Pd.SD. Wacan (Bacaan) no.1- 4 Jara...