Senin, 30 Maret 2020

RESUME MATERI PERTEMUAN KE-1


RESUME MATERI
BELAJAR MENULIS GELOMBANG 7

PERTEMUAN KE-1
Kamis , 26 Maret 2020

Materi : MENULIS 3 ALINEA
Narasumber : Omjay

Resume Oleh : ETIK NURINTO, S.Pd.SD
Guru SDN Pabuaran, Kecamatan Bantarbolang , Kab. Pemalang , Prov.Jawa Tengah
WA : 083861118484

Pelatihan Menulis online Via WA Group “Belajar Menulis Gelombang 7” pertemuan ke-1 dimulai pukul 19.00 WIB -21.00 WIB. Diawali dengan salam pembuka oleh Narasumber yaitu Omjay dari Bekasi pemilik blog http://omjaylabs.wordpress.com. Materi yang disampaikan adalah tentang Menulis 3 Alinea
Sebelum menyampaikan materi , Omjay memposting sebuah Foto “Sepiring Somay” . Peserta dipersilahkan untuk menulis 3 alinea dari Foto Sepiring  Somay  yang dibagikan Omjay.  Tulisan dikirim langsung lewat WA
Luar biasa, baru beberapa menit saja banyak peserta sudah mengirim tulisan dengan 3 alinea berdasarkan gambar Sepiring Somay yang dibagikan Omjay dengan berbagai macam tulisan versi masing-masing peserta. Saya pun tak ketinggalan  ikut menulis, walaupun saya merasa tulisan saya jauh dari kata Bagus namun saya berusaha untuk belajar menulis. Seperti yang disampaikan oleh Omjay, mengalir saja.
Omjay menjelaskan  Hanya dari sebuah gambar Somay, tercipta ribuan kata dari versi masing-masing. Inilah dahsyatnya sebuah tulisan bila ikut  divisualisasikan.Bukan hanya sekedar narasi tapi juga deskripsi .Penulis bisa menceritakannya secara detail.
Ternyata hanya dari sebuah Foto kita dapat membuat tulisan yang menarik. Kita dapat menulis 3 alinea yaitu alinea pembuka , isi penutup, sehingga mengajak pembaca untuk membaca tulisan kita.Kita dapat menulis dalam bentuk fiksi atau khayalan , bisa juga dalam bentuk non fiksi atau kisah nyata

Materi dilanjut dengan Omjay Menulis kisah nyata tentang Sepiring Somay yang Omjay bagikan
Tulisan Kisah Nyata Omjay demikian :

Tadi sore sekitar pukul 16.00 WIB saya sedang memanaskan mobil.Tiba-tiba tukang somay lewat dan istri saya memanggilnya untuk buka puasa.
Saya ikut memesan somaynya.Saya pesan somaynya  5.000  saja. Ada 5 macam.Ada  tahu,pare,somay,kentang dan kol. Wah enak sekali dicampur pakai saus sambal kecap dan bumbu kacang.
Saya potret somaynya sebelum dimakan dan saya bagikan di fb dan ig. Kemudian ada beberapa teman yang tanya. Belinya dimana? Bisa gak pesannya pakai gofood? Begitulah cerita aslinya

Tulisan 3 alinea Omjay sederhana namun menarik dan enak untuk dibaca, bersifat alamiah apa adanya . Ada point pembuka , isi dan penutup. Lebih lanjut Omjay menjelaskan melalui sesi tanya jawab

Sekitar pukul 20.24 Omjay membuka Sesi tanya jawab tentang materi  menulis 3 alinea. Para peserta antusias mengajukan pertanyaan dan Onjay dengan santai merespon dan menjawab semua pertanyan peserta.
Saya resume pertanyaan dari para peserta :

Imam Mubarok : Bagaimana cara agar tulisan kita berbobot ?
Omjay : banyak makan ha haha....eh banyak baca, itu saja sih

Doto Edsa Manora : Apa yang harus kita perhatikan dalam menulis  sebuah tulisan ?
Omjay : tema  atau topik yang menarik perhatian pembaca

Uus : Kriteria tulisan yang baik itu seperti apa ?
Om Jay : Seperti yang dibuat  kawan-kawan malam ini.Hanya saja perlu banyak latihan agar tulisan semakin enak dibaca

Desi Yarni : Bagaimana cara memulai menulis untuk pemula pak ?
Omjay : Menulis dari apa yang yang disukai dan dikuasai

Rahmat danu raharjo : bagaimana tulisan dapat ilmiah dan menarik  pembaca ?
Omjay : Sesuatu yang ilmiah awalnya dimulai dari sesuatu yang alamiah. Contoh tulisan saya di blog itu alamiah apa adanya namun ketika sudah menjadi buku ber ISBN dan ada editornya serta diterbitkan penerbit mayor atau besar maka berubah menjadi ilmiah.


Dewi Yanti : Bagaimana menulis dengan baik ? apa yang harus diperhatikan dalam menulis?terima kasih
Omjay : Menulis aja dan edit kemudian. Biarkan kata-kata indah mengalir dengan deras dari jari jemari yang tak terkena virus corona , ha ha ha..

Roni Bani : Halo pak Wijaya , bukankah perlu dijelaskan disini mengenai tata tulis yang memperhatikan PUEBI?
Omjay : Itu nanti kalau kita sudah mulai menulis tahap lanjut

Kibtiyani : Bagaimana  paragraf yang baik itu bagaimana sih agar tak kehilangan/ kehabisan ide ?
Omjay : Banyak baca tulisan orang lain dan sudah harus dibiasakan menulis ada alinea pembuka, isi dan penutup.

Ropiyanto : Bagaimana menjadikan ide-ide kita ke dalam tulisan. Paragraf dts.terima kasih .
Omjay : Jadikan tulisan kita berbeda dengan orang lain.

Nur’aini kosim : Apakah saat  akan mulai menulis, kita harus mengetahui secara benar dan detail tentang fakta terhadap objek yang menjadi tulisan kita
Omjay : Bebas aja, ide banyak di depan mata

Rifda Bunda Shakab : Bagaimana cara menimbulkan semangat untu menulis? Kadang  untuk memulai itu sangat sulit
Om jay : Gabung aja di WA Group ini pasti semangat karena banyak penulis hebat sudah bergabung di Sani, eh sini.

Nurul Wahyuni : Bagaimana pak caranya agar apa yang kita fikirkan bisa terluahkan dengan baik saat menulis  dan pembaca enak membacanya ?
Omjay : Awalnya harus dipaksakan lama-lama jadi kebiasaan dan saya lihat tulisannya bagus-bagus.bahkan lebih bagus  dari tulisan omjay, he hehe..

Dari jawaban-jawaban yang disampaikan oleh Omjay dapat  saya ambil kesimpulan bahwa yang harus perhatikan dalam menulis adalah tema atau topik yang menarik perhatian pembaca. Untuk memulai menulis dimulai dari menulis apa yang disukai dan dikuasai. Menurut Omjay “Menulis aja, edit kemudian” . Biarkan kata-kata indah mengalir dengan deras dari jari jemari yang tak terkena virus corona.
Dalam menulis agar apa yang kita fikirkan bisa terluahkan dengan baik saat menulis  dan pembaca enak membacanya ,awalnya harus dipaksakan lama-lama jadi kebiasaan. Kita juga harus terbiasa membaca tulisan orang lain sehingga terbiasa juga menulis dan banyak membaca agar tulisan kita berbobot. Namun Jadikan tulisan kita berbeda dengan orang lain agar ide –ide mengalir menjadi sebuah paragraf dan tulisan yang menarik.  Menulis 3 alinea hendaknya memuat alinea pembuka,isi dan alinea penutup.



4 komentar:

Materi Bahasa Jawa Kelas VI untuk belajar PAS 1

MATERI BAHASA JAWA KELAS VI UNTUK BELAJAR MENGHADAPI PAS 1 TAHUN AJARAN 2023/ 2024 oleh : ETIK NURINTO, S.Pd.SD. Wacan (Bacaan) no.1- 4 Jara...