Minggu, 12 April 2020

Inilah Kunci Sukses Jadi Gurpres

Inilah Kunci Sukses Jadi Gurpres
Berguru pada Guru berprestasi H.Encon Rahman

Kuliah  Online  Belajar Menulis WAG  Gelombang 7 , Minggu 12 April 2020 Menghadirkan Narasumber H.Encon Rahman , Seorang Guru Berprestasi  dari Majalengka ,Segudang Prestasi  pernah diraihnya mulai dari tingkat Kabupaten, provinsi,Nasional bahkan Internasional. Kesuksesannya menjadi Guru Prestasi menjadi inspirasi , nah apa kunci sukses dan bagaimana prosesnya ?

Berikut Profilnya:


Penulis memiliki nama lengkap Encon Rahman. Ia lahir  di Majalengka pada tanggal 5 April 1972. Ia merupakan anak tunggal dari Ibu Ecoh (almh) dan Bapak  Darmin (alhm). Encon Rahman sekolah di SD Negeri Cikampek XV kemudian  melanjutkan sekolah ke SMP Negeri Cigasong. Setelah lulus ia melanjutkan ke Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri Majalengka.

Pada tahun 2012 ia menjadi Juara III Kreativitas Guru tingkat Nasional dan juara II “Simposium Nasional Program BERMUTU” tingkat Nasional. Pada tahun 2013 Ia menjadi Juara Harapan I Forum ilmiah guru (FIG) SD Tingkat Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya, tahun 2014 ia menjadi Finalis  Inovasi pembelajaran (INOBEL) tingkat nasional untuk jenjang SD.

Pada Tahun 2015 Finalis “Anugerah Mahkamah Konstitusi Guru PPKn” Kelompok SD Tingkat Nasional dan juara I tingkat Provinsi Jawa Barat. Pada tahun 2016 Juara I guru berprestasi tingkat nasional dan Guru Inspiratif Jawa Barat “Anugerah Een Sukaesih Awards 2016”. Pada tahun 2017 Encon Rahman mendapat penghargaan sebagai guru internasional dari Princess Maha Chakri Awards (PMCA) Kerajaan Thailand. Pada tahun 2018 ia pun mendapat penghargaan Satya Lencana dari Presiden RI, Joko Widodo sebagai guru berprestasi di bidang Pendidikan.

Adapun karya yang sudah dipublikasikan antara lain, (1) Menulis 500 berupa cerita pendek, artikel pendidikan dan puisi ke surat kabar / majalah lokal dan nasional. (2) Menulis 6 buku pelajaran untuk Sekolah Dasar, (3) Menulis 2 buku sosial (4) Menggambar 150 kartun di surat kabar/majalah (5) Menulis Penelitian Tindakan Kelas setiap tahun dan dipubliksikan di jurnal ilmiah.
Dari berbagai prestasi yang diperoleh Encon Rahman bisa keliling ke luar negeri dengan gratis, yakni bisa melaksanakan ibadah Umroh, Mekkah tahun 2015, Studi Singkat ke Melbourne, Australia tahun 2016, Perjalanan ke Singapur tahun 2017, Melaksanakan Ibadah Umroh kedua kalinya, Mekkah tahun 2017, dan Menerima  penghargaan Princess Maha Chakri Awards dari Kerajaan Thailand, Bangkok tahun 2017.

Nah Apa Kunci Suksesnya ?

Lomba guru berprestasi bukan hanya ada di Indonesia tetapi lomba ini juga diterapkan di negara-negara lain termasuk di Asia tenggara tulah sebabnya pemerintah setiap tahun selalu mengadakan lomba gupres Lomba gupres termasuk ajang berprestasi dan bergengsi bagi seorang guru Kenapa dikatakan demikian karena penilaian gupres lebih komprehensif dan menyeluruh dari berbagai faktor Sebagaimana kita ketahui di dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 jabatan guru itu adalah profesi.

Seorang guru harus memiliki jabatan profesional di mana jabatan ini mencakup 7 M Adapun yang dimaksud dengan 7 M adalah
Mendidik
Membimbing
Mengarahkan kan
Melatih
Menilai
Mengajar
Mengevaluasi

Apabila guru tidak memiliki ranah 7M ini maka akan menjadi pertanyaan besar karena guru adalah seorang profesional . Pada sisi lain pemerintah selalu mengadakan lomba gupres baik dari tingkat jenjang satuan pendidikan TK, SD, SMP, SMA diantaranya memiliki tujuan:
1.       Mengangkat guru sebagai profesi terhormat mulia bermartabat dan terlindungi
2.       Meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas profesionalnya
3.       Meningkatkan persaingan yang sehat selalu pemberian penghargaan di bidang pendidikan
4.       Membangun komitmen mutu guru dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan.

Dengan mengacu kepada  tujuan pemilihan gupres di atas maka kegiatan ini rutinitas diselenggarakan setiap tahunnya Alhamdulillah dengan izin Allah saya menjadi gupres tingkat nasional juara 1 tahun 2016 dan  terpilih mewakili bangsa Indonesia untuk tampil di ajang internasional sebagai  guru terbaik Indonesia pada tahun 2017 dari negara Thailand, yakni penghargaan princess maha chakri awards (PMCA). Untuk menjadi gupres tidak mudah dan juga  tidak mustahil  Kenapa dikatakan demikian?  Sebagaimana sampaikan di awal pembicaraan menjadi gupres merupakan ajang prestasi dan prestise tertinggi bagi karir seorang guru .

Jika dalam lomba lomba sejenis yang diadakan oleh  Kemendikbud seperti inobel lkg ogn dan sejenisnya itu baru bagian terkecil dari komponen gupres . Berdasarkan kondisi itu, bagi rekan rekan guru yang tertarik akan mengikuti ajang lomba gupres harus dipersiapkan sejak dini.

Apa saja kang Encon Rahman persiapannya agar menjadi juara 1 gupres tingkat nasional?

Ini adalah video penghargaan dari PMCA ketika menjadi penerima guru internasional di Thailand

Adapun rahasia sukses menjadi gupres hanya dua saja
Satu memiliki amalan batiniah
Kedua memiliki amalan lahiriyah

Bapak Encon Rahman juga seorang penulis buku, judul buku yang ditulis beliau adalah Kiat Praktis Menulis "Siapa Bilang Menulis Artikel untuk Koran Susah" Ada beberapa materi yang dibahas di dalamnya:
1.       Cara menulis Judul Artikel agar menarik
2.       Kiat Meningkatkan Kemampuan Menulis
3.       Cara Menggali Ide tulisan
4.       Rahasia Agar Artikel Gampang dimuat di koran lokal dan nasional
5.       Cara Menulis Berita
6.       Rahasia Menjadi Kaya dalam Menulis.

Buku yang ditulis oleh Bapak Encon Rahman berisi tentang pengalaman beliau menulis artikel ke berbagai koran/ majalah lokal dan nasional agar bisa dimuat. Selain itu paparan isi buku beliau lebih fokus membahas tentang artikel strategi menulis artikel berdasarkan pengalaman nyata yang pernah beliau alami.

Untuk menjadi guru berprestasi saran beliau kepada kita semua Guru bagi yang ingin berprestasi jangan tergesa gesa karena bukan saja tidak akan jadi pemenang juga hanya menghabiskan waktu dan biaya saja. Untuk menjadi guru berprestasi persiapkan dengan baik diantaranya 1 karya tulis 3 tahun terakhir, dua karya tulis yang sudah memiliki hak cipta, Banyak bertanya dan belajar kepada alumni Gupres tingkat nasional.

Materi dan pengalaman serta kiat sukses H.Encon Rahman menjadi Guru Prestasu  bisa juga dibaca di link berikut :











Luar biasa pengalaman dan kiat sukses H.Encon Rahman menjadi guru berprestasi dan juga seorang penulis, sangat memotivasi peserta Belajar Menulis Online gelombang 7 khususnya saya pribadi yang kebetulan Tahun 2020 ini menjadi Pemenang Lomba Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun 2020. Yah baru di tingkat Kecamatan , baru mau maju ke tingkat Kabupaten karena Jadwal Lomba di tingkat Kabupaten tertunda dengan adanya Wabah Virus Corona.
Kunci Sukses dari H. Encon Rahman sangat membantu. Terima Kasih pada Omjay dan Narasumber yang Luar biasa

Oleh :
Etik Nurinto, S.Pd.SD
Guru SDN Pabuaran Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang



2 komentar:

  1. persiapkan lebih dini....smg sukses tdk hy di kabupaten, propinsi...tapi bisa seperti Kang Encon Rahman
    man jadda wajada
    kunjungi balik ya..
    muhammadtaufiq1969.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Wah selamat... Semoga sukses juga di tingkat selanjutnya melaju sampai nasional bahkan internasional.

    BalasHapus

Materi Bahasa Jawa Kelas VI untuk belajar PAS 1

MATERI BAHASA JAWA KELAS VI UNTUK BELAJAR MENGHADAPI PAS 1 TAHUN AJARAN 2023/ 2024 oleh : ETIK NURINTO, S.Pd.SD. Wacan (Bacaan) no.1- 4 Jara...